bintangpena.com-Ponorogo- Agenda tahunan Grebeg Suro 2024 resmi dilaunching Selasa (27/5/2024) malam. Bertempat di Pendapa Kabupaten Ponorogo, event ini sekaligus mengukuhkan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya dunia UNESCO.

Dalam kesempatan itu Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyampaikan rangkaian Grebeg Suro 2024 akan berlangsung pada 27 Juni hingga 6 Juli 2024 di Alun-alun Kabupaten Ponorogo.

“Grebeg Suro telah menjadi simbol kebanggaan dan identitas budaya Ponorogo. Ini wajib dilestarikan dari berbagai sektor,” ungkapnya.

SINERGIS : Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berfoto bersama penyelenggara Event Grebeg Suro 2024, Selasa (28/5/2024).

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menawarkan Festival Reog Remaja, dan Festival Reog Nasional, serta Ekspo tetapi juga dilengkapi dengan pertunjukan Reog manca negara.

Bupati juga berharap, perhelatan ini menjadi wahana untuk mengangkat martabat budaya Ponorogo secara internasional. Dalam kesempatan itu, Bupati asal Sampung itu juga meminta pelaksana acara Grebeg Suro untuk merancang konsep penyajian yang teliti dan berbeda.

“Saya ingin rangkaian acara Grebeg Suro khususnya pementasan Reog Ponorogo ini bisa menaikkan kelas kebudayaan Ponorogo di mata internasional. Kami bercita-cita Reog ini bisa menjadi koleksi Warisan Budaya Takbenda atau Intangible Cultural Heritage (ICH) yang diakui oleh UNESCO,” tegas Sugiri. (daz)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page